19.7.16

FAQ MPASI Medina 6-7 Bulan

Bismillahirrahmanirrahiim...

Pingin nyatet perkembangan Medina dalam bidang makan memakan nih. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan ibu-ibu :

1. Gak Jadi BLW?
Prinsip dasar BLW setau gw adalah tidak pernah memperkenalkan puré. Kalau udah mulai dengan puré maka judulnya bukan BLW. Mungkin itu aliran garis keras, ya? Hehe... Medina mulai dengan BLW, 5 bulan minggu terakhir. Tapi karna kenaikan BBnya dikiiit banget, dan gw pingin kurva KMSnya tetep naik, maka gw ambil kebijakan ngasih puré. Khusus cemilan, gw ngasih kesempatan Medina untuk 'coba makan sendiri' <- gak berani bilang BLW, takut dihantam emak2 garis keras. Menurut insting gw, medina baru mulai galau kalau lihat orang makan, dan mulai ngerti ada makanan lain selain ASI itu pas 6 bulan lebih. Sekarang, dia lebih suka makan sendiri tanpa dihaluskan, tapi gw tetep gak full kasih dia makan sendiri, masih dengan alasan tersebut diatas.

2. Udah makan apa aja?
Yang paling dia suka : (Beras Merah + Bayam + Wortel), (Beras Merah + Ikan Tuna + Bayam), (Beras Merah + Hati ayam + Kangkung), gw kasih EVOO juga. Labu kuning ama telur dia gak terlalu suka. Buah dia paling suka pisang, kurma, ama kismis. Tapi untuk buah, dia gak suka dihalusin, maunya dimakan sendiri. Yang lain yang udah pernah dicoba : semangka, stoberi, alpukat, pepaya, pir, apel, mangga, jeruk, mukanya malah lucu. Gak terlalu suka, ntar di lain waktu gw coba lagi.

3. Pengalaman gagging?
Pernah dong. Tapi berdasarkan pengalaman gw dan hasil belajar sana sini. Baik BLW maupun puré, dia tetep bakal punya refleks gagging. Titik gagging bayi lebih di depan dibanding dewasa. Gw deg-deg an banget pas Medina gagging, tapi berusaha setenang mungkin. Khawatir gak bisa bedain mana gagging, mana keseleg. Setelahnya gw rasa Medina jadi tau kalau makanan itu gak mengancam keselamatannya, gw inget, 2 hari kemudian udah gak gagging lagi, mungkin titik gaggingnya sudah mulai mundur.

4. Makanan kemasan?
Gw kasih medina Tepung Gasol beras merah, kacang ijo, ama Arrowroot. Tapi dia cuma suka beras merah. Kacang ijo ama arrowrootnya masih sisa banyak di kulkas. Yang beras merah, begitu habis sebungkus, gw langsung pindah ke beras merah organik yang gw haluskan. Karena dari yang gw pelajari, tekstur harus semakin padat supaya Medina belajar ngunyah. Dari Gasol, gw pindah ke Yummy Bites. Ini pun buat snack klo lagi jalan-jalan. Sbenernya gw lebih pingin kasih Happy Baby Puff yang warna ungu, buat ngelatih pinching tapi susyeeeh banget dah nyarinya.

5. Susah BAB ?
Pernah dong. Awaaalll banget MPASI, seminggu gak BAB. Dikasih sayur ama buah aja. Pas udah BAB peralihan itu kan teksturnya beda (*dih, bahasa gw. Hahaha!) Jadi Medina sepertinya kaget gitu, jadi dia histeris nangis Setelahnya kayaknya dia udah sadar that "My poop won't be the same..." Abes itu lancar jaya. Pengalaman pertama ya, Nak.

6. GTM Mogok makan?
Pernah juga dong. Awal bulan ketujuh, pas tumbuh gigi, ama pas flu. Gw hadapi dengan berusaha santai biarpun ya panik juga wkwkwkw. Gw tawarin lebih sering, misal jam 8 gamau, ntar jam 10, 1, 4, 6, coba lagi. Ganti menu lain. Klo gak ada yang mau masuk sama sekali, gw kasih makanan yang paling dia suka.

7. Paksa makan?
Paksa sebatas masih mau buka mulut atau enggak. Klo gak mau banget, yaudah gak gw kasih. Aturan dari dokter tiwi begitu, trus gak pernah lebih dari 30 menit.

8. Alat Tempur MPASI?
High chair Babyhood, gampang dibersihin, dan berwarna merah. Saringan (*pensiun), beralih ke food grinder Munchkin, teksturnya gak halus-halus amat, pas buat memperkenalkan makanan yang semakin padat, bisa buat daging, gw baru coba daging ikan ama hati ayam, daging sapi blom. Kukusan, beli di ACE. Tempat minum, Medina pakai Doidy Cup, soalnya Medina gak bisa pakai dot, jadi sekalian aja gw skip dot, sippy cup, ama sedotan. Piring makan Pigeon ama Pipinko, hadiah aqiqah jadi ga beli lagi. Sempet mupeng banget beli slow cooker, blender khusus, tempat bekuin makanan, ama piring sendok lucu-lucu, tapi gak jadi, soalnya yang diatas udah cukup memadai. Yang udah dibeli tapi gak kepakai : Baby Mesh Net Feeder. Ntar Medina gedean gw pingin suction bowl.

9. Tips MPASI?
Tenang dan jangan menyerah. Apa pun yang terjadi selain keadaan emergency, tetaplah tenang. Mogok makan? Gw coba mainin tekstur, tingkat kekentalan, ritme makan, resep, metode lain, sumber makanan lain, takaran per sendok suap, kondisikan dia lapar, dll. Gak mau juga? Yaudah, gak gw paksa. Dari pada gw stress wkwkwkkw ntar juga laper sendiri. Tips terakhir, dibawa seru.

10. Alergi?
Sejauh ini alhamdulillah gak ada.

11. Buku rekomendasi MPASI?
Bukunya dokter tiwi yang 'Sehat Lezat'

12. Makanan beku?
Gw belajar cara bekuin makanan ama asi juga, tapi ga tau deh, gw gak pede tiap kali manasin makanan. Kok kayaknya wanginya beda, trus gw gak berani kasih. Hahaha! Jadi gw sehari satu kali masak.

13. Sehari makan berapa kali, dan frekuensi menyusu?
Tergantung. Biasanya 2 kali, kalau dia gak tidur siang, gw kasih 3 kali. Klo lg mogok makan, gw coba lebih sering. Menyusu : on demand. Dan entah mengapa gw merasa gak ada pengurangan intensitas dia menyusu. Padahal salah satu takaran sukses MPASI adalah secara perlahan dia menyapih. Tapi yaaa gak masalah buat gw.

Thanks for reading! :)

Share:

0 komentar: