23.4.16

Sharing Persiapan Melahirkan

Bismillahirrahmanirrahiim...

Berhubung gw udah melewati fase hamil-melahirkan, boleh kan gw sharing? Wkwkwkwkwkw...

Baiklah langsung saja, berikut adalah yang perlu disiapkan sebelum melahirkan :

1. Belajar. Yup, belajar. Gw sevelum lahiran baca banyak source tentang proses melahirkan. Mulai dari apa yang terjadi pada tubuh gw, hal apa yang bakal membantu gw nantinya, sampai setiap tahapan yang dilalui. Gak cuma itu, gw bahkan lihat video orang melahirkan pervaginal langsung (*Kalau yang ini, gw sarankan untuk inget kapasitas diri ya, kalau lw tipikal orang yang gak sanggup lihat beginian, mending gak usah, belajar yang material bacaan aja).

2. Persiapan fisik. Tentu saja. Sama kayak atlet, atau model victoria secret, tentu hamil-melahirkan perlu persiapan fisik. Cari berbagai olahraga ringan yang fokus di bagian panggul, pelvis, perineum. Olah raga pilihan gw pada saat itu adalah yoga. Karena menurut gw yoga itu paket lengkap persiapan fisik dan psikis. Gerakan yoga yang gw sarankan diperbanyak : latihan sadar nafas, gerakan kupu2, pose kucing, pose sapi, pose namaste yang sambik jongkok, rocking pelvis, dll. Gw bahkan beli bukunya Yoga hamil karya Pujiwati Sindhu (*mudah2an namanya gak salah) dan video yoga kehamilan Kate Upton (*lagi2 klo namanya gak salah). Gw jarang jalan pagi sih, tapi alhamdulillah lancar mungkin terbantu yoga.

3. Persiapan mental. Berdoa. Disini, yang paling membantu adalah kemampuan untuk selalu sadar nafas, dukungan orang tua, suami, dan kesadaran bahwa lw gak berjuang sendiri. Adik bayi dalam perut punya perjuangan tersendiri lho (*baca deh), syuami juga perjuangannya berat, bayangin aja, ngeliatin orang tercinta berjuang tanpa bisa bantu apa2 selain kasih support itu nyiksa juga kan? Dan tekankan dalam hati berkali-kali kalau lw bisa melaluinya. Nggak usah pasang target harus pervaginal, atau harus sesar. Yakinkan saja lw bisa melewatinya. Kalau terasa sakit, alihkan ke berbagai hal, ngegame candy crush kek, nonton film kek, apa kek, bercanda kek. (*Ude kayak mario teguh ye gw)

4. Barang harus udah siap dong. Tas melahirkan udah harus ready biar gak perlu nambah kepanikan jelang melahirkan. Isinya apa? Ada dipostingan sebelumnya.

5. Know yourself. Gw waktu itu bilang sama abang, klo pas kontraksi, gw gamau ada siapa-siapa. Maunya berdua aja. Gw lakuin itu karna gw tau diri gw kayak gimana, gw emang kalau sedang berjuang, kagak suka keramaian. Sidang aja, gw milih sendiri gak dilihat temen, apalagi melahirkan. Wkwkwkwkw... Jadi, bicarakan ama syuami apa yang mau dan tidak mau kamu lakukan.

6. Jangan dengerin orang yang bilang lw gak sanggup melewati ini. Ada lhooo orang yg kayak gini. Gak usah dengerin. Nanti setelah semuanya lewat, lw sendiri bakal kaget kok, "Wuih... Ternyata gw jauuuh lebih kuat dari yang gw bayangkan..."

SEMANGAT!!!!

Share:

0 komentar: