20.12.15

Perlengkapan Ibu & Bayi (*lahiran s.d 1bln)

Bismillahirrahmanirrahiim...

Dulu, pas TM 3, gw mulai pusing soal perlengkapan bayi ama perlengkapan melahirkan. Survey blog orang-orang yang udah pengalaman, hasilnya ada kali list gw ampe ratusan barang. Hahaha! Sekarang, empat bulan setelah lahiran, udah bisalah gw sharing, nyehehe...

Dengan catatan, keperluan setiap individu apalagi ibu-ibu, PASTI berbeda. Nah yang gw jabarkan di bawah ini adalah :
1. Yang PALING urgent alias gak bisa kalau gak ada (*versi gw)
2. Soal merek, pilihan gw pasti jatuh pada yang kualitas dan harga barang masuk akal (*versi gw)
3. Gw ibu rumah tangga (*ini akan sangat mempengaruhi perlengkapan menyusui)

Mari kita mulai~

Perlengkapan Melahirkan (*Apa aja yang dibawa ke rumah sakit?)
1. Tas. Terserah mau beli yg khusus tas perlengkapan bayi, atau mau koper kecil. Terserah. Gw sih kmaren beli tas bayi, dan agak menyesal. Masalahnya koper kecil gw sbenernya memadai. Koper/tas ini nantinya harus udah siap isinya sebelum lahiran supaya kalau mules, bisa tanggal kabur bawa tas.

2. Sarung. PENTING BANGET! Minimal 2. Gw waktu itu bawa 3. Pas masuk rumah sakit ntar penampilan udah kayak orang sunatan kok. Hahaha! Cari bahan yang adem, gw pakai yang jadul itu lho. Yang corak-corak batik jawa.

3. Maternity Pad. Setelah melahirkan, ini akan sangaaat dibutuhkan. Gw pakai merek Monalisa. Lumayan nyaman soalnya dia bahan dalamnya bukan gel, tapi kapas biasa. 1 pack cukup.

4. Korset. Ini langsung diminta sama bidan. Gw pakai yang 3 band, males rempong pakai yg 15meter hahaha! Merek New Life. Ada motif bunganya (*penting banget) soalnya kadang gw pakai korset di luar baju, jadi motif ini membantu supaya tetep beken (*abaikan). 1 biji cukup, tapi 2 lebih bagus, biar bisa gantian dicuci.

5. Dress kancing depan. Yeah, woman needs to feel good about herself. Kalau anti dasteran, bolehlah dress yang beken itu dipakai buat agak menghibur diri sendiri setelah lihat perubahan perut (*tutup muka). Bawa 3 minimal.

6. Bra menyusui. Gw cuma punya 2, dan ternyata kurang. Hahahaha! Kalau untuk di rumah sakit doang sih 2 cukup ya, tapi kalau udah pulang kayaknya butuh lebih. Gw suka sorex soalnya motifnya keren. Yang lain itu bra menyusuinya kayak punya nenek-nenek deh, kan gw males. Nyari yang agak keren dikit? Sorex jawabannya, selain motifnya keren, dia modelnya snap gitu, bukan kayak kaitan pada umumnya

7. Perlengkapan mandi dan kosmetik pribadi.

8. Perintilan lain. Bawa charger hape buat hiburan. Gw bawa kurma, gak kemakan. Kirain butuh buat nambah energi disela-sela kontraksi.

PERLENGKAPAN BAYI AWAL LAHIR
1. Popok tali. Gw sih, selusin cukup, dengan catatan, cepetan dicuci. Sekarang ada popok yg gak pake tali lagi, tapi model velcro. Mending itu deh kayaknya. Yg tali ini terlihat gak manusiawi menurut gw. Gw cuma sampe 3 minggu, soalnya popok kain udah nggak nampung. Hahaha! abes itu gak sanggup gw baru lahiran masih aja nyuci2 pake tangan.

2. Bedong, gw cuma punya 6 biji. Kurang sih, selusin biar enak. Tapi sebulan aja Medina udah gak suka pakai bedong.

3. Toiletries. Yg ini gak usah heboh. Ntar dikadoin banyak, cukup kok ampe kuliah #lebay. Gw cm beli zwitsal yg sampo sekaligus sabun. Bedak botol kecil. Tisu basah. Minyak telon. Cotton buds. Udeh itu doang. Gw berusaha menghindari 'Nasty Chemicals' dari handbody dan macam2nya itu.

4. Perlak. Gw punya 2, yg gede ama yg kecil. Yg sering digunain malah yg kecil. Praktesss... Yg kotak2 itu gak gw anjurkan karna kotoran suka nyelip disitu.

5. Selimut bayi. 1 buah cukup.

6. Handuk. 2 buah cukup.

7. Gunting kuku. Bayi itu cepeett banget tumbuh kukunya. Gw pakai yg gunting. Bukan yg clippers.

8. Pakaian. Jumper carter yg 5 in 1. Baju lengan panjang 6 biji ukuran newborn. Baju kutung 3 biji. Baju lengan pendek 6. Celana panjang tutup kaki 3 biji. Celana panjang buka kaki 6 biji. Celana kacamata 3 biji. Udah pada gak muat pas medina 2 bulanan. Beli merek Libby.

9. Baby bath. Buat mandiin. Gw pilih ini, bukan yg bak mandi karena orang2 pada heboh takut gw ngelelepin Medina di dalam bak.

Itu doang. Dikit kan? Tempat tidur/crib? Ampe sekarang, 4 bulan, Medina tidur ama gw di tengah2. Stroller? Baru pake pas 3 bulan. Gendongan juga baru kepake 2 bulan stengah. Gw punya 2, yg ergo non ori, ama baby warp. Dua2nya gw pake bergantian tergantung mood. Mainan kerincingan baru 'ngeh' dipakai medina pas 3 bulan, 4 bulan udh suka rangkul boneka. Dan sekarang medina muatnya jumper ukuran 9-12 bulan, padahal umur baru 4 bulan. Hahaha! Suka motifnya next sleepsuit, cuma kancingannya suka cepet rusak.

Empeng dan botol dot? Gw gak ngerti kenapa Medina ini gak jago pake empeng dan dot. Heran gw. Hahahaaha! Yaudah akhirnya emaknya aja yg gigit2.

Share:

0 komentar: