18.9.15

Cleaning Regime

Bismillahirrahmanirrahiim...

Semakin lama berumah tangga, gw belajar bahwa, menunda membersihkan justru bikin pekerjaan bersih-bersih makin berat. Solusi paling enak emang solusi ‘sekalian’. Maksudnya? Ya kalau mandi, sekalian di seka sisa airnya, gosok lantainya sedikit, siram sisa sabun dan cipratan pasta gigi. Jadilah mandi yang bertanggung jawab (*ngomong apa sih gw?) Masak juga gitu, minyak-minyak dan lemak lengket di sink mending langsung dibersihin daripada ditunggu ngendep dan malah bikin emosi jiwa karena selain merusak pemandangan kotorannya makin asik aja nempelnya.

Buat gw pribadi, bersih-bersih rumah itu hal yang membosankan, menyebalkan, bikin capek, dan kadang menjijikkan. Gimana enggak? Dikerjainnya tiap hari, bok! Makanya, untuk menyiasatinya, gw pikir sangat penting untuk membawa serta ‘sahabat bersih-bersih yang handal’. Sejauh ini sih, gw sudah punya beberapa alat kebersihan yang jadi favorit. Cuma berhubung rumah baru selesai renov, alhamdulillah, dan debunya dimana-mana kayak dollar saat ini, maka sepertinya gw harus me-list ulang daftar sahabat bersih-bersih yang bakal gw gunakan. Apalagi sekarang lagi hamil begini, kenyamanan, keamanan, dan segala macam perlu diperhitungkan kan ya

Untuk merek, setelah baca review sana-sini, gw kok jadi kepincut ama produk-produknya ScotchBrite ya? Mana di websitenya ada banyak tips menarik disini. Trus produknya kayaknya kokoh, tahan lama, ampuh dan serbaguna gitu. Gw sih, udah pernah beli sikat lantai kamar mandi sama spons bergagang gitu, dan emang puas banget. Bulu nylon sikat lantai kamar mandinya aja bentuknya masih rapi. Biasanya kan yang lain udah pada belah samping-tengah gitu nylonnya.

Berikut list gw :

1. Playlist Bersih-Bersih
Seriusan. Ini gw nggak sedang bercanda. Bersih-bersih sambil dengerin musik itu penting bangetlah untuk menjaga jiwa agar tetap tenang dan bahagia menjalani kegiatan bersih-bersih. Dulu gw punya playlist khusus bersih-bersih, tapi hape gw ilang, jadi gw perlu bikin playlist bersih-bersih baru.

2. Masker
Kalau nyikat toilet nggak pakai masker? Suntuk plus bikin males kan? Makannya masker penting. Apalagi kalau 'terpaksa' pakai larutan kimia yang baunya bisa bikin pusing. Dan sebagai yang punya riwayat asma, kalau nyapu ruangan berdebu nggak pakai masker, udah deh... tunggu jam 4 pagi, biasanya pasti kumat.
3. Sarung Tangan Karet
Biar nggak geli kalau harus ngubek-ngubek saringan sink, dan nggak khawatir kalau kena cairan kimia.



4. Sapu Ijuk
Gw sekarang di rumah punya sapu yang nylon. Tapi kata orang lebih enak pake yang ijuk. Ntar mau nyobain ah...


5. Pel
Gara-gara ngunjungin webnya scotch Brite, gw jadi ngiler gitu buat invest ke pel yang canggih. Wuahaha! Selama ini sih pakai yang biasa yang kayak mie itu udah memadai. Makanya masih pikir-pikir mau beli yang canggih.


6. Kain Lap Mikrofiber
Ini juaranya deh! Nggak ada yang lebih keren daripada kain microfiber. Ini kain kayak bisa ngisep debu, cepat kering pula! Cuma kalau beli yang harganya murah, biasanya kualitas lengetan debunya emang sebanding ya... makanya mending beli yang mahalan cuma ngerawatnya juga harus hati-hati. Kesalahan gw tuh ya, microfiber dipakai di dapur buat ngelap minyak, ya sudah... ilang daya serapnya. Ntar googling perawatan kain microfiber berarti.


7. Soda Kue & Cuka
Nah ini nih, solusi cairan pembersih yang 'hijau'. Cuka ini buat bersihin kerak air, bikin kinclong stainless, bahkan nat yang mengering tidak pada tempatnya juga ampuh. Soda kue juga sama, untuk karpet, ngilangin kuning-kuning juga tokcer. Cuma katanya sih, kedua bahan ini jangan dicampur, bukannya tambah ampuh, malah jadi netral. 




8. Pendorong Air (Squeegee)
Gw lebih suka ini dibanding pel penyerap. Keren aja gitu. Apalagi gw paling suka liat lantai kamar mandi kering. Pakai pel penyerap lebih ampuh sih, cuma nggak multifungsi. Klo squeengee kan bisa dipakai buat kaca, dinding kamar mandi. Terus klo pel penyerap kan kita harus ganti busanya berkala tuh.


9. Pel Penyerap
Meskipun udah ada squeegee, kok gw tetep ngiler ama pel penyerap ini ya? gak kuat iman.

9. Sikat Lantai Kamar Mandi Serba Guna yang Menjangkau Sela-Sela
Panjang ya, namanya? Ini buat sudut-sudut kamar mandi, sama lekukan toilet yang tak terjangkau 


10. Larutan Kimia Serbaguna
Bisa dipakai buat ngepel, bikin wangi ruangan, macem-macem. Gw sejauh ini suka SOS yang rasa pinus atau karbol (*loh? kok rasa? emang diminum?). Rasanya seger, higenis, gimanaaa gitu. Meski memang jadi kayak rumah sakit ye?


11. Botol Spray
Nah ini, tinggal bikin larutan pembersih apa saja. Campur air. Mproottt! Mproottt! Trus di lap, bersih deh! Gw sih karna males keluar modal lagi, biasanya pakai yang bekas semprotan strikaan. Hahaha!


12. Dustpan
Ini gak urgent sih menurut gw, guma kalau nyapu halaman, lumayan penting nih buat nampung kotorannya Douccy the rabbit.


13. Kemoceng
Hampiiirrr lupa klo yang ini juga penting. Buat nyeka debu di sela-sela headboard tempat tidur, lemari buku, meja, macem-macem.


Itu kalau gw, bagaimana dengan anda?
Share:

0 komentar: