27.8.15

Jurnal Kehamilan

Bismillahirrahmanirrahiim...

Selamat datang minggu ke-28!!!
Insya Allah hari ini gw resmi masuk Trimester 3 (*menurut aplikasi BabyBump sih gitu). Dan gw belom pernah nulis jurnal hamil di blog. Alesannya? Takut. Soalnya dulu hamil pertama banyak yang bilang abortus gara-gara upload foto USG. Ha-ha-ha! Trus? Sekarang gw udah berani upload foto USG? Tetep gak berani.

PEMERIKSAAN PERTAMA 27/3/2015
TD : 100/70
BB : 50 kg
Usia kandungan : 5 minggu

Gw periksanya di RSB Budi Mulia Makassar sama dokter Fatma yang baik banget itu. Pemeriksaan pertama ini cuma memastikan kalau beneran hamil.. Ditandai dengan Gestational Sac (GS) +, alhamdulillah.  Ini cuma kelihatan janinnya setitik doang. Karena masih trauma hamil pertama yang abortus, gw nanya macem-macem ama dokternya. “Hamilnya di dalam rahim kan dok?”, “Bukan anggur kan?”, De el el. Maklum… ketakutan banget jadi begitu. Untung dokternya ngerti psikologis gw, dijawab dengan sabar. Insya Allah enggak. Vitamin dikasih 2, Lactafar sama Prove C. Nah, waktu ini nih, keluhan gw cuma PD yang rasanya nyeri banget kayak pas mau dapet. Dan entah kenapa gw doyan makan telur asin.

PEMERIKSAAN KEDUA 26/04/15
BB : 49
EDD (Dugaan lahiran) : 24/11/15
Usia kandungan : 9 minggu 3 hari

Turun kan berat badan gw, nah loh… kenapa? Sudah mulai mual saudara-saudara. Liat ikan goreng aja mau muntah rasanya. Liat masakan rumahan gak selera. Sayuran? No. Lucunya, gw itu mualnya bukan pagi, tapi justru lewat jam 12 siang ampe malem. Muntah sih cuma sekali dua kali. Dan mual gw nggak lama, cuma sebulan klo gak salah minggu 7-11. Jadi gw siasatin banget tuh, pagi sebelum jam 12, gw makan berat yang banyak. Lahap. Asli. Begitu lewat jam 12, udah deh… eneg. Cuma bisa makan buah. Mulai dari blueberry, strawberry, yoghurt, apel, pisang, mangga, semuanya doyan.  Keajaiban dari pemeriksaan ini adalah DETAK JANTUNG. Wow… subhanallah… Vitamin masih sama. Gw pingin makan keripik singkong.

PEMERIKSAAN KETIGA 24/5/15
TD : gak diperiksa
BB : gak diperiksa
EDD : 22/11/15
CRL : 7.95
Usia kandungan : 14 minggu 0 hari

Berhubung dokter Fatma lagi keluar kota, dan gw penasan liat perkembangan kehamilan gw, maka gw ganti dokter di Awal Bross. Dokternya sih bagus, cuma yaaa… kok TD ama BB gw gak diperiksa? Lupa kali ya? Nah, di pemeriksaan ini, gw untuk pertama kalinya lihat janin gerak-gerak. WOW… geraknya tuh bisa ya, dari posisi melintang sampai kepalanya dibawah. Huahaha! Ajaib bener… Detak antungnya makin kelihatan jelas. Wuihhh seneng lah pokoknya. Vitamin, gw tetep pakai yang dari dokter Fatma. Setelah periksa ini kalau nggak salah gw sempat jatoh dari tangga. alhamdulillah gak kenapa-kenapa. Kalau bulan ini, kayaknya makan apa aja gw doyan asal halal. Hahaha! Nafsu makan tinggi banget soalnya, porsi kuli juga sanggup. Oh, tapi yang rutin gw lahap itu roti keju! Nah, minggu ini gw galau nih, mau pakai peniti, gunting, bawang putih segala macem yang disematkan ke bra atau enggak. Banyak yang nyuruh, tetangga juga bilang, "Shell, ibu hamil itu banyak makhluk halus yang suka. Tapi kok gw malah takut dianggap bergantung sama yang begituan ya? Mana gw takut banget abortus lagi. Akhirnya gw pasrah aja. Kalau mau keluar cuma bekal baca doa ayat kursi. Sambil berdoa macem-macem dalam hati. Ini minggu lumayan banyak ditinggal audit sama abang.

PEMERIKSAAN KEEMPAT 20/6/2015
TD : 100/70
BB : 50
EDD : 20/11/2015
Usia kandungan : 17 minggu

Balik ke dokter Fatma yang baik hati. Nah, ini sebenernya jenis kelamin udah ketauan, dan gw sedikit-sedikit udah mulai bisa ngerasain gerakan janin tapi masih sering ragu. Ini gas perut doang, atau janin gerak? Wkwkwkw. Gw yang masih tetap parno nanya ke dokternya, “Dok kok gak gerak sih?”, akhirnya dicolek-colek ama dokternya sampai gerak. Ternyata yang bersangkutan tidur kata dokternya. Nah, periksa yang ini, begitu Abang lihat detak jantung, langsung berani ngerekam video. Soalnya Abang kena trauma juga ternyata, yang hamil pertama dulu di videoin, eh, malah kerekam kabar duka (*yang pada akhirnya gw minta untuk dihapus karena gak tahan nontonnya). Muka Abang bahagia banget ya, liat anaknya gerak-gerak. Abang lebih cepat ngebaca gambar USG dibanding gw. Gw masih ha-ho-ha-ho dulu baru ngeh… oooh… itu kepalanyaaa… Minggu ini masih banyak orang yang bilang perut gw kecil. Jalan juga gak ada yang tau kalau gw hamil. Mertua gw panik gara-gara perut gw belom keliatan. Ampe nanyain Abang, “Shelly dikasih makan apa enggak?” Gw jelas paniklah! Masalahnya bukan satu-dua orang doang yang bilang, trus mimpi buruk abortus masih membayangi. Tapi tiap kali udah mikir yang enggak-enggak, gw alihkan ngapain kek gitu, biar gak kepikiran trus bikin parno. Oh, dan gw tetep puasa hampir sebulan penuh, bolong 3 hari gara2, Abang awalnya gak ngebolehin puasa (-.-“). Gw malah merasa energi gw sangat berlebih, sambil puasa, gw masih berkebun, mindahin perabot rumah, ngangkat kipas angin ke lantai 2, sampai Abang marah, trus nyindir, "Itu, tempat tidur gak sekalian diturunin, Dek?" Wkwkwkw ngelawak. Keluhan? Nafsu makan masih kayak monster cookie. oiya, setelah periksa ini, gw sempet kesetrum abis mandi, dari ujung kaki ampe lutut. Asli shock luar biasa, soalnya kabel yang keinjek itu lumayan gede. Kenapa bisa kesetrum? Itu Doccy si anak bulu (*kelinci peliharaan) gigitin kabel ampe bolong. Huahaha! Ini juga lagi sering ditinggal Abang tugas luar kota.


PEMERIKSAAN KELIMA 24/7/2015
TD : 110/-
BB : 52
EDD : 18/11/15
Usia kandungan : 23 minggu 2 hari
BPD : 56.8mm
FL : 39.7mm
EFBW : 645g

Perhatiin gak? Dugaan lahiran gw maju terus. Awalnya 24 trus jadi 22, trus jadi 20, trus jadi 18. Wuaaaa ini seru abis, udah gedean badannya, trus gerak-gerak. Malah sempat monyong-monyong (*dugaan gw sih ngisep air ketuban). Trus dokternya bilang, “Ih, mancungnya hidungnya”. Hahaha! Aamiin… Abang begitu keluar dari rumah sakit langsung bilang, “Keliatan banget itu jenis kelaminnya. Hahaha!” Nah, minggu ini barulah perut gw mulai kelihatan. Tapi tetep aja, tetangga ampe penjaga warung, bilang perut gw kecil (*yasudahlah yang penting sehat). Lagian lama-lama gw seneng juga dikatain perutnya kecil, keren dong. Gerakan udah kerasa banget, bahkan Abang udah bisa ngerasain kena sundul. Tidur udah mulai nggak nyaman posisi apapun, untung bisa disiasati dengan nyelipin bantal. Tulang punggung sering pegel sakit. Trus kaki udah mulai bengkak. Tapi gw masih nyaman-nyaman aja sih semuanya. Mungin karena kesenengan ya? Akhirnya berat badan gw naik juga tuh 2 kilo. Tebak dong gw ngidam apaan? COCA COLA/SOFTDRINK. Pas kan ini momennya habis hari raya yang mana hampir setiap rumah dikunjungi menyediakan softdrink. "Alhamdulillah, rejeki anak sholeh...". Eh, Abang langsung ngambil kaleng coca cola gw dong, baru juga satu dua teguk. Kadang saking pinginnya, gw diem-diem minum Fanta di kulkas, "lah, siapa suruh abang beli Fanta?" Vitamin : Lactafar dan Caldece. Selain itu... entah mengapa gw ngerasa sangat senang kalau Abang di rumah. Dan bakal bolak-bali lihat jendela karena pingin lihat Abang pulang. Bawaan anak nih. Biasanya gw nggak gitu lhooo... 


ALHAMDULILLAH…
Share:

0 komentar: