26.6.14

KUMAL

Bismillahirrahmanirrahiim...

Pada suatu hari,
"Dede, nanti bos Abang, Bu A, mau ketemu ama Dede, Dede dandan yang cantik ya..." Ujar abang via telpon.
"Emang selama ini Dede jelek ya, Bang?" Tanya gw kaget dan putus asa.
"Enggak, cuma kadang - kadang Dede kumal..." Ujar Abang polos, tajam dan terpercaya.

Did you hear that? KUMAL saudara - saudara, gw dibilang KUMAL. Dan sepanjang siang di telinga gw berdengung KUMAL, KUMAL, KUMAL, KUMAL...

Rasulullah SAW bersabda kepada Umar, “Maukah kuberitahukan sebaik-baik simpanan seseorang? Dia adalah wanita shalihah, yaitu jika suami memandangnya, dia menyenangkannya.”

Dari hadits Abdullah bin Salam, bahwa Rasulullah bersabda ”Sebaik-baik istri ialah istri yang menyenangkan kamu bila engkau memandang (nya), dan taat kepadamu bila engkau menyuruh (nya), serta menjaga dirinya dan harta bendamu di waktu engkau tidak berada bersamanya.”

Gw adalah istri yang sangaaat sensitif. Gw dapat menangkap teguran sehalus dan setipis apapun. Gw sangat peka dengan sindiran - sindiran tak kasat indra. 

Kalimat Abang bikin gw merenung sepanjang siang. Gw kalau bangun, cuma modal kuncir rambut, trus langsung bikinin abang sarapan. Cuci muka sikat gigi? Nanti dulu. Alesannya, nanti sarapannya telat.

Trus, gw masak ama bersihin rumah dari jam 8 ampe jam 12. Pas Abang pulang makan siang, otomatis gw udah bau bawang, cabe, ikan, ama debu. Rambut acakadut, masih dikuncir ala kadarnya. Baju juga pakai ala kadarnya yang udah pantas dijadiin kain pel. Gw gak pakai make up, males. Alasannya, gw kan gak kerja, di rumah doang, ngapain gw rempong make up- an segala?

Gw tiba - tiba ingat abang juga pernah ngomong, "Dede gak rajin dandan kayak dulu lagi..." (*Alasan gw : Dulu kan bukan Dede yang masak, nyuci, ama ngepel). Soalnya dulu masih nikah jarak jauh, masih sama - sama ngekos.

Gw ingat emak pernah nasehatin, "Bangun pagi, mandi, dandan! Gak keluar rumah tetap dandan! Biar suami enak pulang lihat istrinya cantik. Biar kerjaan cuma masak, dandan! Pakai baju yang bagus! Walau gak keluar rumah, tetap pakai baju yang bagus, hal kecil, tapi menyenangkan syuami..." Gw ingat pas emak ngomong gini, gw pasang tampang 'Maaak... Believe me, abang gak akan berpaling?

Kata siapa? Ansuransi dari mana? 

Sesetia - setianya Abang, menurut penelitian, lelaki dengan makhluk visual, pasti suka lihat yang cantik - cantik. Gw jadi kebayang kalau tiba - tiba di tengah jalan abang lihat cewek cantik, trus abang gumam dalam hati, "Ih, istriku sebenarnya lebih cantik, cuma KUMAL..." (*FYI, gw sekarang trauma dengar kata KUMAL)

I'd join Gerakan Istri Anti-Kumal sedunia.

Have a NICE NICE day!



Share:

1 komentar:

Suci Nabbila said...

Emak aku juga sllu nasehatin aku dan kakak2ku begitu kak. Apalagi underwear, kalo udh jelek harus dibuang dan diganti sm yg bagus, berenda, seksi. -___- kata mama cantik untuk suami itu ibadah. Masa kita cantiknya kalo mau keluar rumah dan ketemu org lain. Justru di rumah harusnya kita dandan abis2an. Huplah.