14.5.14

Resep Perkedel Jagung Non MSG

Bismillahirrahmanirrahiim...


Sesuai permintaan adik kamar gw di SMA Taruna Nusantara, berikut gw lampirkan resep perkedel jagung non MSG ala istri cilik. Resep ini diajarkan turun temurun oleh Mamak Mertua. Namun dalam prosesnya, diinovasi sedikit oleh gw. Nyahahaha! *alaaaahh nambahin lada doang gaya amat!*

Bahan :
- Jagung Manis
- Telur
- Tepung Terigu
- Daun Bawang
- Daun Sop
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Cabe keriting
- Garam
- Lada

Cara Pembuatan :
1) Niat dan Doa. Yakinkan bahwa Anda akan memasak dengan penuh cinta dan pasti enak. *toeeeeng*

2) Iris bawang merah, daun bawang, dan daun sop. Geprek bawang putih, lalu cincang. (*tips : Diamkan beberapa menit setelah digeprek, lalu cincang. Ini akan memaksimalkan zat anti kanker dalam bawang putih, loh!)

3) Siapkan wadah, iris - iris jagung dengan pisau atau boleh juga alat parut (*sesuaikan dengan selera). Kalau pakai pisau, niscaya akan dihasilkan butiran jagung yang agak besar dan akan lebih gurih waktu di goreng. Parutan menghasilkan tekstur jagung yang lembek seperti bubur.

4) Tambahkan telur dalam adonan.

5) Masukkan garam, irisan bawang merah, bawang putih, daun sop, daun bawang, cabe keriting dan sedikit lada. (*ntah knapa gw hobi mencampur lada dengan apa saja. Mungkin karna gw suka efek hangat dan ampuh mengobati radang tenggorokan. Boleh gak pakai lada kok)

6) Aduk sampai adonan tercampur sempurna. Barulah masukkan tepung terigu. Aduk lagi ampe adonan padat. Tambahkan sedikit air. Pokoknya bikin sampai adonan tidak terlalu padat, dan tidak terlalu cair.

7) Ambil adonan sesendok, goreng dalam minyak panas. Bentuk sesuai selera. Klo mau renyah, agak dipenyetin. Klo mau gemuk berisi, goreng agak bertumpuk.

Catatan : karena gak pakai msg, bawang dan daunnya boleh dibanyakin sesuai keinginan lidah. Adonan bisa dikulkasin loh! Dan digoreng pas laper aja! Enak anget -anget!

Sekian!!! :D


Share:

0 komentar: