10.1.14

Pindah? Mobil Gimana?

Bismillahirrahmnirrahim...

Judul diatas adalah hal yang paling bikin sel - sel dendrit di otak gw galau dan saling nyetrum. Soalnya beli mobil baru di batam itu kondisinya menyedihkan, dan itu baru gw ketahui setelah mau jual mobil. Pas beli, pemahaman gw Cuma sebatas, “Oh, Batam kan FTZ, jadi asik nih dapat mobil lebih murah, klo mau dikeluarin tinggal nambah pajak dikit kan?”. Salaaaaaaah besaaaaarr! Kondisinya seperti ini :
  1. Mobilnya FTZ. Dan kalau mau dikeluarin dari Batam, maka akan dikenakan bea cukai plus PPN, belum lagi biaya transportnya dari Batam – Makassar.
  2. Mobilnya masih punya sisa kredit, which is means kalau mau keluarin mobil, akan lebih bijak untuk dilunasin dulu. Kenapa? Ada yang bilang bisa kok tanpa harus lunas. Iya, tapi ntar waktu lunasin cek fisik mobilnya lagi di Samsat gimana? Di freight lagi dari Makassar ke Batam? Lo kira murah? *Emosi*
  3. Pelunasan kredit lebih cepat, kena biaya penalty.
  4. Dan terakhir gw baru tau kalau : TERNYATA plat dengan huruf awal dua huruf di belakang diawali dengan huruf 'V'. Mutlak ga bisa keluar Batam. Jadi gak semua mobil Batam bisa keluar batam.
Alternatif pemecahan masalah :
1. Mobilnya dibawa ke makassar.
Kendala : 
Setelah dihitung, biaya bawa mobil keluar adalah sebagai berikut (*Catatan : Gw pakai harga kisaran soalnya waktu survei dapat beraneka macam variasi harga dari yang murah ampe mahal):

  • Freight Batam - Makassar : Rp. 10.500.000 – 20.500.000
  • Cukai : Rp. 1.650.000
  • Surat Jalan Kepolisisan : Rp. 450.000
Berarti, Total terburuk adalah Rp. 22.600.000. Itu belom PPN ya?!! Lo ingat itu PPN adalah 10% dari harga beli mobil. Jd klo harga mobilnya Rp.180.000.000 makan PPN kena sekitar Rp. 18.000.000 ditamba yang Rp. 22.600.000 jadi totalnya Rp 40.600.000. Udah? Gimana rasanya? Pingin terjun bebas dari bukit kan?

2. Mobilnya dijual.
Kendala :

  •  Butuh waktu cukup lama, kecuali berani jual di bawah harga pasar.
  •  Jual mobil dengan over credit itu suuuulit. Apalagi dengan DP gede!
Sudah jelas kan? Alternatif nomer 2 lebih mudah secara kantong. Dan ini adalah anjuran untuk semua orang yang mau beli mobil di Batam :

  1.  Klo gak seumur hidup menetap di Batam, akan lebih bijak klo beli mobil cash. Banyak kok mobil batam yg low price. 
  2. Kalau gw boleh kasih saran lagi, dengan catatan ‘gak seumur idup menetap di Batam’, mending beli mobil second.
  3. Jual di tokobagus.com pasarnya lebih luas. Trust me!
Share:

1 komentar:

TGSenough said...

om .jadi sebenernya masih mungkin ya bawa mobil keluar batam kecuali plat akhirnya "V" ?hhe .