10.1.14

Asyik! Mobilnya laku!

Bismillahirrahmanirrahiim...

Ini sebenarnya adalah kejadian yang sangat bersejarah dalam hidup gw. Bukan hanya sekedar masalah laku trus dapat duit cash! Fresh from di oven. Ini menyangkut kepercayaan gw pada do’a. Kok bisa? Simak selengkapnya dengan terus membaca. Ok?

Di postingan sebelumnya, Gw udah cerita kan? Alotnya/Ribetny/Sulitya ngeluarin mobil dari Batam dan memutuskan untuk menjual. FYI, waktu efektif kami jual mobil itu Cuma 2 minggu. Dan asli itu bikin gw stress berat sampai pilek, asma, ama batuk sebulan gak sembuh – sembuh. (*Ok, ini lebay).

Muai dari kisah gw dulu ya, akhirnya setelah memahami kondisi pasar, gw diskusi sama Abang sampai akhirnya menetapkan harga akhir. Waktu kami tinggal seminggu. Psikologi udah dalam posisi pesimis tingkat akut. Malamnya gw gak bisa tidur. Gw pasang iklan dimana – mana dengan harga baru. Paginya, gw cuci mobil (*Tumben*) gw elus – elus sambil komat kamit baca mantra. Abis nyuci, gw bilang ma Abang “Bang, hari ini mobilnya pasti laku”.

Gw jeleknya, adalah orang yang pesimis ama doa. Entah karna gw sadar gw banyak dosa, trus jadi PeDe doa gw gak bakal terabul. Atau karna gw punya doa yang belum dikabulin, trus gw jadi pesimis. Ga ngerti. 

Tapi hari itu beda, dititik kepasrahan gw, gw sholat dhuha (*tumben... tumben banget...) dan semoga ini bukan Riya’ ya. Abis sholat, gw berdoa, mohon dengan sungguh – sungguh, kayaknya ini doa yang paling sungguh – sungguh yang gw panjatkan di Tahun 2013. Gw sebutin semua sifat Allah, ampe gw ungkit – ungkit janji Allah untuk orang yang berdoa.  (*Inilah contoh hamba yang gak tau diri ya…). Gw juga berdoa supaya orang banyak yang jatuh cinta ama tuh mobil dan tertarik mebeli.

And you know what?
Siangnya...
Mobil laku.
Hari itu juga.
Sampai orang pada rebutan beli itu mobil.
Ampe bermohon - mohon mobilnya jangan dijual ke yang lain...
Tanpa berkurang dari harga jual sedikit pun.
Wow.
Allah beneran ngabulin.
Gw ampe terbengong – bengong.
Ngerasa berdosa.
Ngerasa bodoh, bisa – bisanya gw gak percaya ama doa...  

Jual mobil gak gampang. Ada yang nelpon, secercah harapan muncul. Gak jadi. Ada yang nelpon, janjian ketemu, ampe abang nungguin seharian, eh orangnya gak jadi datang. Ada yang nawarnya afgan. Ada yang protes sana – sini, tapi ngebet pingin beli juga. Macem – macem. Tapi seriusan, banyak banget hikmah yang gw pelajari  dari sini, ,baik sebagai pembeli, mau pun penjual. Antara lain sebagai berikut :
  • Gw belajar ‘Research Market’ yang lebih real disbanding buku teori pas dibangku kuliah. Yang ini, gw gak bermaksud rasis ya, tapi gw salut sama pembeli Chinese. Loh kenapa? Mereka paham banget kondisi pasar, kondisi mobil, sampai harga pasaran. Mereka bahkan kasih tips macem – macem seperti resiko ‘Plat V’, itu gw baru tau dari mereka. Asuransi bisa dicairkan, itu juga gw tau dari mereka. Dan hebatnya, hanya dengan melihat STNK mereka udah tau kualitas mobil macam apa. Kalau udah suka ama tuh mobil, mereka gak segan – segan muji, tapi klo ada jeleknya ya ngatainnya sadis juga (*Intinya sih mereka pedagang yang akan mengatakan apa adanya kondisi barang). Mereka juga umumnya langsung sebut harga dan bilang “Kalau mau segitu, saya langsung ambil, sudah ada cash-nya!” Beuh!!! Luar biasa!
  • Makelar is everywhere. Siap menempel kapan saja tanpa diminta dan mengambil keuntugan berkisar Rp. 500.000 – Rp.2.000.000
  • Jual Online di TokoBagus, Berniaga, FJB kaskus atau FB somehow menurut gw gak bisa disepelekan. Malah gw berani bilang lebih bagus dari pada surat kabar. Yah, biar pun akhirnya pembeli mobil gw, kawan sendiri, tapi pembeli serius lain yang sampe rebutan, itu pada dari TokoBagus.

Share:

0 komentar: