19.12.12

Kerapu Goreng Tepung + Sambel Goyeng

Bismillahirrahmanirrahiim...



Kerapu Goreng Tepung
Bahan :
  • Ikan Kerapu
  • Jeruk nipis
  • Garam
  • Bawang putih
  • Tepung Terigu
Cara Memasak :
  • Balur Ikan Kerapu dengan Bawang Putih yang digiling atau diiris - iris, garam,j eruk nipis. Ikan kerapunya jangan lupa disayat di kedua sisi. Diamkan 1 jam ampe bumbu meresap.
  • Tiriskan ikan, balur dengan tepung terigu.
  • Panaskan minyak, gw baru belajar banget nih! goreng sesuatu itu minyaknya harus bener - bener panas, dan kalau mau hasilnya bagus minyaknya harus banyak, efeknya jadi boros dan gak ramah lingkungan.
  • Goreng ikan ampe warnanya kuning keemasan, jangan dulu dibolak - balik kalau sisi yang satu belum kering, ntar dagingnya sobek.
Sambal Goyeng

Bahan :
  • Cabe Keriting
  • Cabe rawit
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Garam
  • Gula
  • Lada
  • Tomat
  • Penyedap masakan
Cara Memasak :
  • Cabe Keriting, Cabe rawit, Bawang Merah, Bawang Putih, diulek, atau kalau gak kuat ngulek di blender aja. Tips dari Enyak gw, supaya blendernya lebih gampang, blendernya dikasih minyak goreng.
  • Panaskan minyak, minyaknya agak banyak, dan harus panas dulu. 
  • Masukkan hasil blenderan/ulekan nanti kerasa deh wanginya asoy banget. Taburin garam, lada, gula dan penyedap masakan sesuai selera.
  • Tomatnya diulek kasar, jangan ampe halus, masukkan ke sambel yang lagi dimasak.
Share:

0 komentar: