23.12.12

Ibu Ainun

Bismillahirrahmanirrahiim...

Clicking image : Source
Akhir - akhir ini kata 'Sempurna' berikut dengan atau tanpa imbuhan depan dan belakang menjadi kata yang paling mengintimidasi. Gw tanya ke seorang teman apa pandangan dia tentang gw. Dia cuma ketawa. Tapi dari garis tawanya, gw dapat menyimpulkan apa yang ada di hatinya. "Belom bagus - bagus amat, belom maksimal..."

Denger itu gw sedih. Di kepala gw, gw udah ngelakuin se-maksimal yang gw bisa. Di kepala gw, gw udah berusaha melebihi kapasitas gw. Tapi nyatanya nilai gw gak sebanding dengan apa yang ada di kepala gw. Gw gak sebel ama teman gw ini. Karena mungkin memang kalimat itu yang gw butuhkan, supaya gw gak merasa udah hebat.

but then... gw lihat ibu Ainun Habibie. Sedikit banyak gw baca perjalanan hidupnya. Eh ternyata benar, gw emang belom bagus - bagus amat. Kalau di bandingkan dengan ibu Ainun, gw malah bisa dikatakan belom ngapain - ngapain. Hehehe...

Dear Ibu Ainun,
Ibu, kenapa ya Ibu bisa sedemikian hebat? Ibu makan apa? 
Ibu Inspirasi buat saya...
Ibu adalah sosok yang seharusnya jadi panutan setiap wanita....
Ibu... saya berdoa semoga ibu tenang berada disisi-Nya...
Ibu, istirahat ya...
Share:

19.12.12

Kerapu Goreng Tepung + Sambel Goyeng

Bismillahirrahmanirrahiim...



Kerapu Goreng Tepung
Bahan :
  • Ikan Kerapu
  • Jeruk nipis
  • Garam
  • Bawang putih
  • Tepung Terigu
Cara Memasak :
  • Balur Ikan Kerapu dengan Bawang Putih yang digiling atau diiris - iris, garam,j eruk nipis. Ikan kerapunya jangan lupa disayat di kedua sisi. Diamkan 1 jam ampe bumbu meresap.
  • Tiriskan ikan, balur dengan tepung terigu.
  • Panaskan minyak, gw baru belajar banget nih! goreng sesuatu itu minyaknya harus bener - bener panas, dan kalau mau hasilnya bagus minyaknya harus banyak, efeknya jadi boros dan gak ramah lingkungan.
  • Goreng ikan ampe warnanya kuning keemasan, jangan dulu dibolak - balik kalau sisi yang satu belum kering, ntar dagingnya sobek.
Sambal Goyeng

Bahan :
  • Cabe Keriting
  • Cabe rawit
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Garam
  • Gula
  • Lada
  • Tomat
  • Penyedap masakan
Cara Memasak :
  • Cabe Keriting, Cabe rawit, Bawang Merah, Bawang Putih, diulek, atau kalau gak kuat ngulek di blender aja. Tips dari Enyak gw, supaya blendernya lebih gampang, blendernya dikasih minyak goreng.
  • Panaskan minyak, minyaknya agak banyak, dan harus panas dulu. 
  • Masukkan hasil blenderan/ulekan nanti kerasa deh wanginya asoy banget. Taburin garam, lada, gula dan penyedap masakan sesuai selera.
  • Tomatnya diulek kasar, jangan ampe halus, masukkan ke sambel yang lagi dimasak.
Share:

18.12.12

Sup Iga

Bismillahirrahmanirrahiim...



Bahan :
  • Iga Sapi
  • Kentang
  • Wortel
  • Daun bawang
  • Daun Seledri
  • Bawang putih
  • Kaldu Sapi
  • Pala
  • Garam
  • Lada Putih
  • Bawang Goreng (Buat Taburan diatasnya), gambar diatas kelupaan dikasih. :P
  • Jeruk Nipis (*optional, soalnya kata Syuami, orang bugis suka sekali pakai jeruk nipis klo makan berkuah)
Cara Memasak :
  • Bawang Putih digiling, panaskan minyak, tumis sampai harum...
  • Masukkan air,  dan iga. Rebus Iga sapi dengan api kecil. Masaknya lamaaaaa banget.... pake feeling aja, gw lupa berapa lama. Hehehe...
  • Dipertengahan ngerebus iga, tambahin kentang, wortel, kaldu sapi, pala, garam, lada.
  • Pas udah hampir matang, taburin deh daun bawang ama daun seledri.
  • Jadi, taruh di mangkuk saji, taburin bawang goreng, kasih perasan jeruk nipis, makan pake nasi enaaakk bangett!!

Share:

17.12.12

Pagi

Bismillahirrahmanirrahiim...

Pagi gw selalu diawali dengan...

Gw yang berusaha keras buat bangun. Kadang gw udah duduk, tapi mata masih merem, trus gw kembali tidur, kali ini dengan posisi tidur 180 derajat dari Syuami. Kaki di kepala, kepala di kaki. 

Kemudian alarm berikutnya bunyi. Barulah gw mulai beneran bangkit dengan susah payah. Matiin AC, buka pintu kamar, buka pintu rumah supaya udara masuk. Dan bersamaan dengan itu, secara otomatis tangan gw udah masak air panas buat bikin kopi atau teh pagi untuk sarapan syuami. Dilanjutkan dengan siap - siap masak sarapan.

Trus gw balik lagi ke kamar dan bangunin syuami yang masih kayak ulat bulu di tempat tidur. Trus kami pergi sholat. Kadang ini jadi hal paling lucu buat gw. Saling menatap wajah yang sama - sama baru bangun tidur pas berdoa abis sholat subuh. Muka bantal. 

Kadang kalau masih ngantuk, gw di dapur nyetel lagu, sambil masak, sambil joget - joget sambil nyanyi - nyanyi. Kadang kalau udah gak ke kontrol, abang suka datang dan bikin pintu, tembok, kaca, atau apa saja bergetar, seolah - olah semua itu diakibatkan suara gw. (-..-)

Kadang juga kalau abang telat karena terlalu banyak leyeh - leyeh, gw yang panasin mobil, trus gw  juga nyuapin beliau makan while syuami pasang sepatu. Rasanya seperti punya anak, tapi udah gede banget! Hahaha...

Makasyih Tuhan, untuk hal sederhana kayak gini, tapi bikin hati seneng...
Share:

Syuami Quotes

Bismillahirrahmanirrahiim...

"Abang gak pernah nyesal menikah sama Dede, menurut abang, kita pasangan yang hebat..." -Kata Syuami pas lagi ngobrol - ngobrol kita udah ngapain aja 2 tahun ini, di lantai, dan gw tiduran di kakinya.
Share:

11.12.12

Laugh at it!

Bismillahirrahmanirrahiim...


Salah satu sifat gw yang menurut gw menguntungkan, tapi menurut orang meyebalkan adalah :
"Masih bisa ketawa dalam keadaan sulit, terhimpit, dan darurat"

Dari sumber yang gw baca, sifat itu dibentuk dari proses yang panjang. Indeed, sepertinya gw bisa menelusuri kenapa gw punya sifat kayak gini. Pas gw SMP ampe SMA, layaknya setiap orang, gw pasti punya masalah. Pada saat itu apa yang gw lakuin? Gw marah. Gw sangat sadar emosi gw waktu zaman dulu itu sangat tidak stabil. Di lingkungan militer dari kecil, kebiasaan liat komandan marahin anak buahnya, membuat gw merasa kalau dengan 'marah dan membentak', you will get everything that you want.

Makin gede, sifat marah gw udah agak berkurang. Ini karena gw baca sebuah buku yang bilang kalau  dengan marah, sejatinya gw hanya mempersulit diri gw sendiri. Sesuatu gak akan berubah menjadi lebih baik dengan gw marah - marah. Yang ada gw malah membuat orang - orang di dekat gw merasa gak nyaman. Tentu saja mengubah sifat ini gak mudah. Gw berusaha sangat keras 'terapi' diri gw sendiri. Lewat blog salah satunya. Dan semakin lama, cara gw berubah, di titik ini gw tidak menghadapi masalah dengan marah, gw lebih memilih menangis.

Lalu semakin gede lagi, gw merasa kadang menangis membuat gw 'capek'. Bener kalau nangis itu mengikis semua kekesalan gw dan membuat gw merasa lebih baik. Tapi secara fisik, gw menyedihkan. Mata gw sering bengkak, ingus gw meler - meler. Dari sini gw mulai terapi lagi, setiap gw nangis, gw lihat cermin, dan gw ngetawain muka gw yang jelek banget pas nangis. Then I learn to laugh, when life tears me down. 

Di tahap hidup yang lebih tinggi (*Baca : Pra Nikah). Hidup jadi lebih indah, pas gw ada masalah, gw menertawakannya, apalagi pas gw menertawakannya bersama syuami gw. (*Ya, emang sih gak semua masalah bisa ditertawakan, tapi gw suka motto ini : "don't sweat the small stuff"). Bonus lagi pas masalah itu dapat keajaiban dari langit, tiba - tiba selesai dengan ajaib! I laugh at it TWICE!
Share:

10.12.12

Resep : Sup Brokoli

Bismillahirrahmanirrahiim...


Bahan :
  • Brokoli
  • Garam
  • Gula
  • Merica
  • Bawang goreng
Cara Memasak :
  • Rebus Brokoli, jangan terlalu lama, pokoknya jangan sampai lembek
  • Kasih merica, gula, garam, aduk
  • Angkat, taburin bawang goyeng! Enaaakk!!

FYI : Brokoli mengandung antioksidan. Anti oksidan berguna untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Bahasa gampangnya, dia akan memperbaiki sel yang terkontaminasi zat - zat jahat yang masuk dalam tubuh.
Share:

7.12.12

Resep : Chicken Katsu + French Fries

Bismillahirrahmanirrahiim...


CHICKEN KATSU
Bahan :
  • Dada Ayam Tanpa Tulang, Tanpa Kulit
  • Tepung Panir/ Tepung Roti/ Bread Crumb (Ini pertama kalinya gw lihat tepung ini, keren!!!)
  • Telur
  • Susu cair
  • Tepung Terigu
  • Kaldu ayam bubuk
  • Merica
  • Garam
Cara Memasak :
  • Potong dada ayam sesuai selera, klo gw sih sedang (*Tidak terlalu tipis, tidak terlalu tebal, dikira - kira supaya bisa matang ampe dalam), memanjang dan melebar seperti layaknya sebuah Chicken Katsu  pada umumnya.
  • Taburi potongan ayanm dengan merica, garam, kaldu ayam bubuk, (*klo suka boleh kasih jeruk nipis), aduk ampe tercampur rata. Masukkan kulkas diamin 30 menit - 1 jam sampai bumbu meresap
  • Kocok telur dan susu cair. (*Ini akan menghasilkan aroma yang  yummy)
  • Ambil ayam dari kulkas, lumuri sama tepung terigu kering (*jangan dikasih air)
  • Kemudian celupkan ayam yang sudah dilumuri tepung terigu tadi ke campuran telur susu
  • Lalu angkat dan gulingkan lagi di Tepung Panir/ Tepung Roti/ Bread Crumb. Trus, masukin lagi ke kulkas kurang lebih 30 menit ampe tepung rotinya nempel
  •  Goreng di dalam minyak yang banyaaak dan panas ya! ampe berwarna kuning keemasan.

FRENCH FRIES
Bahan :
  • Kentang
  • Tepung Terigu
  • Garam
Cara Memasak :
  • Potong Kentang memanjang. (*Caranya : Belah dua, belah lagi seperempat, nah potong memanjang dan kurus)
  • Masukkan air ampe kentang tenggelam tambahin  garam sesuai selera, rebus sebentar ampe kentang agak lunak, tapi jangan terlalu lunak.
  • Tiriskan, lalu taburi tepung terigu.
  • Goreng di dalam minyak yang banyaaak dan panas ya! ampe berwarna kuning keemasan.
  • Atau boleh juga disimpen di kulkas dulu, tinggal dimasak klo lapar. Hehehe...
Share:

Happy 2nd Anniversary!!

Bismillahirrahmanirrahiim...

Foto : Editan Syuami
Gak kerasa banget udah nikah 2 tahun, Hehhehe... Pagi pas syuami bangun, he kissed my head and said "Happy 2nd anniversary istriku...".

Malam sebelum tidur, gw tanya ama syuami, kira - kira apa yang menurut syuami, perlu gw perbaiki sebagai istri. Guess what? Syuami cuma bilang, "Dede kok sebulan ini sering sakit - sakitan? Dede harus lebih jaga kesehatan". Gw cuma bisa melongo, antara terharu dan gak yakin. Gw kira gw bakal diprotes bagian tugas - tugas gw sebagai istri. He cares about me, and it's sweet... Gw cuma bisa membatin, betapa beruntungnya Dede punya Abang...

Gw       : "Terimakasyih sudah menikahi Dede, syu..."
Syuami : "Terimakasyih sudah jadi istri abang, tayang..."

Share: