20.4.12

Dapur Istri Cilik : Sayur Tahu Toge

Bismillahirrahmanirrahiim...
Anda suka tahu? Suka Tauge? Mau bikin sayur yang sehat, enak dan gak ribet? Ini dia Sayur Tahu Toge ala Istri Cilik!

Gambar Asli Poenya Istri Cilik Hak Cipta Dilindungi
Bahan - Bahan :
  • Tahu Putih
  • Tauge
  • Minyak
  • Air
  • Cabe Keriting
  • Bawang Bombay
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Daun Bawang
  • Garam/Bumbu Penyedap
Alat :
  • Panci (*doang, sudah cukup memadai)
  • Sendok kayu buat ngaduk
Cara Membuat :
  • Tauge-nya jangan lupa dicuci dan dibersihkan ya... ekornya jangan lupa dipotongin satu - satu. Ini merupakan kegiatan paling melelahkan. Bwahahaha...
  • Tahu-nya dipotong dadu ya, Mbak...
  • Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang Bombay, Cabe Keriting, dan Daun Bawang silahkan dicincang/potong - potong sesuka hati seenak jidat sesuai selera ya...
  • Panaskan Minyak sedikiiiiit aja. Sekedar buat menumis Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang Bombay, Cabe Keriting dan Daun Bawang.
  • Setelah tumisan mewangi, tambahkan Air. Terserah pingin kuahnya banyak atau sedikit, sesuai selera.
  • Setelah air agak mendidih, masukkan potongan Tahu.
  • Setelah tahu dirasa hampir matang, masukkan tauge.
  • Aduk merata, tambahkan garam kalau mau, atau bumbu penyedap juga boleh. tapi klo mau sehat gak pake garam ama bumbu penyedap juga udah enak kok. Tapi ya, tambahin garam dikit lah ya...
  • Sajikan untuk orang - orang tercinta di mangkuk cantik.
Tips Sehat :
  • Taugenya jangan direbus lama - lama, ntar kandungannya ilang, agak kriuk dikit.
  • Jangan pake garam kalau mau diet
  • Jangan pake  bumbu penyedap 
Khasiat :
  • Tauge mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk kesuburan (fertilitas) pria. Kekurangan dalam mengonsumsi vitamin C dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket, yang akan mengganggu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.
  • Tauge juga mengandung vitamin E. Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E ini dapat melindungi sel-sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.
  • Toge juga dapat mencegah kanker, karena proses menjadi toge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana. 
  • Selain itu juga dapat mencegah serangan jantung dan stroke.
  • Dan, toge pun mengandung serat yang membantu pengurasan kotoran dalam usus besar.
Selamat memasak!
Share: