16.11.11

Lakukan Sendiri

Bismillahirrahmanirrahiim...


Seringkali gw minta tolong untuk hal - hal kecil seperti nitip beli sesuatu ke warung, ngambilin barang tertentu, atau minta tolong tutupin pintu. Selama ini gw pikir itu cuma hal biasa, tapi hari ini gw berubah pikiran. Minta tolong sesuatu ke orang lain, untuk sesuatu yang sebenarnya bisa gw kerjakan sendiri itu gak baik. Bayangkan, berapa energi yang orang itu habiskan untuk menolong gw dengan cuma - cuma, untuk hal yang sebenarnya bisa gw lakukan sendiri. Dan gak sedikit orang yang gw mintain tolong tersinggung, karna mungkin kesannya malah kayak 'nyuruh'.

Abang adalah contoh paling ideal buat gw. Meski harusnya bisa nyuruh gw, abang selalu bawa piring bekas makan kami berdua sendiri, bahkan ngambil minum atau makanannya sendiri waktu gw lagi sibuk ngerjain hal lain. Suatu hari gw pernah tanya, kenapa gak minta tolong gw aja? dan abang jawab dengan sederhana "Kan bisa abang kerjain sendiri... abang nda mau ganggu dede..."

Sedikit atau banyak, 'minta tolong' itu pasti ngerepotin orang lain. Jadi selama gw bisa lakuin sendiri, kenapa gak gw lakuin sendiri? Lakukan sendiri! Gerakkan tubuh untuk sesuatu yang bisa kita lakukan sendiri Dan kalaupun gw harus minta tolong, gw gak boleh lupa bilang 'Terimakasih..." ;)

Have a nice day, friend! :D
Share:

0 komentar: