25.10.11

Keahlian untuk Jadi Ibu Rumah Tangga

Bismillahirrahmanirrahiim...

Yang harus gw pelajari...
  • Masak + Ahli Gizi. Siapa yang gak bangga punya istri jago masak? Plus, ngerti makanan macam apa yang baik untuk syuami dan anak - anaknya. Siapa yang gak seneng pas denger "Ini masakan istri gw loh!". Belum lagi kreativitas yang diperlukan untuk rotasi makanan dari hari ke hari, minggu ke minggu dan bulan ke bulan?
  • Manajemen Hati. Pas syuami atau anak - anak bad mood, bukan saatnya gw harus ikutan bad mood juga. Dan pas mood gw jelek, bukan saatnya gw menjadi istri atau ibu yang killjoy. Belum lagi kita semua tau, cewek itu 'dekat' dengan 'perasaan' dan sensitif. Ngelatih timing yang tepat buat ngomongin suatu masalah ke syuami, tau apa yang harus dilakuin pas syuami bad mood, itu cuma '2' dari sekian poin manajemen hati. 
  • Ilmu Kecantikan. Biasanya sering kebalik niatnya, kenapa pas keluar suka dandan heboh, tapi kalau di depan syuami gak suka dandan heboh? Kenapa pas pacaran cantik banget pas nikah udah punya anak jadi males dandan? Syuami gw memberi kebijakan untuk tidak pake make up atau parfum klo keluar rumah gak sama syuami. Pas keluar rumah ama syuami atau lagi di rumah gw boleh pake make up. Emang agak aneh sih dandan buat di rumah doang, tapi kenapa engga? buat seseorang yang halal ngelihat kecantikan gw?
  • Ilmu Parenting. Mulai dari kandungan sampe dewasa. Hmmm... ilmu yang gak mudah... melihat gw udah berasa gagal aja pas masih di kandungan. Tapi harus optimis! pasti bisa suatu hari nanti, Insya Allah...
  • Manajemen Keuangan Keluarga. Well, it's not a country, nor a company. Tapi, hampir sama susahnya sama keuangan negara dan perusahaan kalau gak mikir masa depan. Buat sekarang aja, gak serumah itu cukup ngeluarin biaya yang gede buat tiket pesawat kalau kangen udah gak kebendung lagi. Belum lagi dana darurat dan rencana kedepan seperti punya anak, rumah, naik haji dan lain - lain. Aamiin...
  • Kepekaan. Tau kapan harus nyediain syuami cemilan dan minum. Lebih peka sama penampilannya. Kaus kakinya udah dipakai berapa lama? bajunya? dompetnya masih 'layak' pakai atau enggak. Peka sama kebersihan rumah, kamar mandi, tempat tidur, semuanya.
  • Pengetahuan Relaksasi. Siapa yang gak seneng dipijit pas lagi capek? aroma therapy? creambath? lulurin syuami. Hahahaha! Syuami gw termasuk yang suka gw pijitin ama di maskerin. Kenapa engga? cowok juga butuh kaleeeee!! lagian kenapa engga sebagai 'hadiah' buat orang yang udah berbagi hidup dan cinta buat gw?
  • Tata Ruangan. Gw selalu percaya bahwa mood dipengaruhi oleh interior ruangan. Sejelek apapun mood gw, klo masuk ke ruangan yang interiornya apik dan bersih plus wangi pasti gw langsung adem...
  • Kamasutra. Should I say something about this? I don't think so.
Share:

2 komentar:

Miss 'U said...

Di bagian ilmu parenting: Tapi ga boleh optimis!!

salah ketik ya neng hihihi....

Learning by doing Shell... karena kadang teori ngga cukup membuat kita belajar, apalagi kalau ilmu itu menyangkut rumah tangga ^^
*sotoy, padahal nikah aja belom :)) :))

Mershelly Syanel said...

Hehehehe, iya kak! makasyih!

Iya, kak. Learning by doing... tapi gimana... anaknya belom nongol. Hahahaha!