1.9.11

Mohon Maaf Lahir Batin...

Bismillahirrahmanirrahiim...


Tidak dimaafkan adalah hal yang menyedihkan dan menyakitkan. Insya Allah kita diberi kelapagan hati untuk saling memaafkan...  Karna dengan memaafkan, kita Insya Allah membebaskan orang lain dari beban akhiratnya. Dan dengan meminta maaf, kita menolong diri kita sendiri. Tapi yang lebih istimewa adalah orang yang mampu memaafkan tanpa harus dimintai maaf.... Sebesar apakah kesalahan saudara kita? Bahkan Nabi Muhammad SAW saja memaafkan orang yang membunuh dan memakan jantung pamannya...
“Tidak halal seorang muslim menjauhi kawannya lebih dari tiga hari. Jika telah lewat waktu tiga hari itu, maka berbicaralah dengan dia dan berilah salam, jika dia telah menjawab salam, maka keduanya bersama-sama mendapat pahala, dan jika dia tidak membalasnya, maka sungguh dia kembali dengan membawa dosa, sedang orang yang memberi salam telah keluar dari dosa karena menjauhi itu.” (Riwayat Abu Daud).
Allah swt berfirman: "...Maka barangsiapa yang memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas tanggungan Allah." (Q.S.Asy-Syura : 40).
Dari Uqbah bin Amir, dia berkata: "Rasulullah SAW bersabda, "wahai Uqbah, bagaimana jika kuberitahukan kepadamu tentang akhlak penghuni dunia dan akhirat yang paling utama? Hendaklah engkau menyambung hubungan persaudaraan dengan orang yang memutuskan hubungan denganmu, hendaklah engkau memberi orang yang tidak mau memberimu dan maafkanlah orang yang telah menzalimimu." (HR.Ahmad, Al-Hakim dan Al-Baghawy).
Selamat Hari Raya, semuanya... :)
Share:

0 komentar: