28.5.10

WOMM (Word Of Mouth Marketing)

Bismillahirrahmanirrahim....

Saya baca majalah SWA (*Alhamdulillah kali ini inget baca majalah apaan). Tentang WOMM (Word of Mouth Marketing). Pemasaran melalui mulut? ahahaha... terjemahannya jelek banget ya.

WOMM ini membahas tentang kekuatan pemasaran melalui Extreme Consumer. Siapakah Extreme Consumer ? Bisa jadi saya, anda, atau mereka barangkali. Ini adalah sebutan bagi pelanggan dengan tingkat fanatime yang tinggi. Brand Fans. Mereka ini sejatinya selalu mendukung suatu merek yang udah mereka idolakan gak peduli keadaan merk tersebut lagi heboh dicemooh masyarakat luas. Mereka jugalah yang sering menceritakan hal positif tentang merek dan memberikan masukan yang besar terhadap perusahaan.

Lebih ekstrimnya lagi. Extreme Consumer ini seringkali ikut menjual, sekalipun mereka tanpa mendapat untung apa - apa. Ya... namanya juga jatuh cinta. Dari titik ini, perusahan mendapat keuntungan besar untuk menghemat biaya promosi melalui iklan baik elektronik maupun non elektronik.

Kenapa WOMM berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan Iklan?
Jawabannya sederhana. WOMM adalah bahasa konsumen, Iklan adalah bahasa produsen. Calon konsumen pasti lebih mempercayai konsumen yang telah memakai suatu produk lebih dulu dibanding dengan iklan yang banyak "katanya".

Sangat menguntungkan bukan? Salah satu pemenang WOMM yang saya baca di majalh SWA itu adalah Richeese.
Iklan ini bisa jadi salah satu bentuk cara memelihara Extreme Consumer dalam WOMM

Seorang Extreme Consumer salah satu produk otomotif di jepang bahkan memberi kontribusi penjualan dengan menjual produk tersebut dengan suka rela kek keluarganya tanpa bayaran! WOW! Salesman gratis! Hmmm... akan lebih bagus lagi kalau perusahaan menghargai jasa - jasa ini dengan memberikan komunitas khusus Extreme consumer ini!

Jadi? Para pengusaha tunggu apalagi? segera ganti biaya iklan dengan memanfaatkan WOMM!
Share:

0 komentar: