21.5.10

Persahabatan Sejati Ikan Giru dan Anemon Laut

Bismillahirrahmanirrahim....

Ikan Giru (Amphiprion) adalah sejenis ikan yang sering kita panggil "Ikan Nemo". Berikut foto narsisnya :




Nah, klo digambar atas, (Itu lho! gambar Ikan Giru lagi Asyik sembunyi di Anemon Putih). Nah, anemon disini putih karna kehilangan zat Alga-nya. Jadi dia gak bisa fotosintesis. Jadi Anemon ini lemah dan kurang oksigen. (*kasian ya...)

Anemon, bagi ikan lain beracun. Tapi bagi Ikan Giru, Anemon sejatinya adalah tempat yang aman dan nyaman. Ikan Giru kerap kali bercengkrama,  bersembunyi, dan berselimut diantara tentakel - tentakel Anemon beracun! Di Alam, kehadiran Ikan Giru di sisi Anemon dapat menurunkan tingkat Agresifitas ikan lain seperti Angle atau Butterfly yang suka memagsa tentakel Anemon.

Sebaliknya, Anemon digunakan ikan Giru untuk berlindung dari musuh alaminya. Tanpa perlindungan Anemon (dan Allah swt), Ikan Giru dapat mati hanya dalam beberapa menit! termangsa oleh musuhnya! Ikan Giru juga rajin bersih - bersihin tubuh si Anemon dari berbagai macam kotoran dan remah - remah makanan sehingga Anemon terbebas dari berbagai jenis parasit. Dan ikan badut sendiri juga sering bawain makanan buat Anemon.

Ikan Giru ini, akrab banget ama Anemon. Katanya sih... yang gak disengat ama anemon laut itu ya cuma ikan Giru! tapi setelah diteliti lebih lanjut, ternyata ada semacam cairan pada tubuh Ikan Giru yang bikin Ikan Giru kebal. Tapi kalau cairan ini digosok - gosok ama manusia... ya... (*ddrrrrttttt!!!)  Ikan Giru ini kesengat juga! (*Tapi berita ini belum diketahui kebenarannya).

Nah, setelah saya menelusuri kebenarannya, ternyata Ikan Giru sama dengan penghuni laut lainnya. Dia itu ya... ndak kebal ama sengatan Anemon. Anemon juga ndak bisa berbuat apa - apa. Nah, pada ujung tentakel Anemon ini terdapat lendir yang sebenarnya bertujuan melindungi dirinya sendiri dari menyengat tentakelnya sendiri. (Kan gak lucu, klo tangan sendiri nyetrum tangan sendiri) Nah! Ikan Giru, memanfaatkan lendir ini suapa gak tersengat ama Anemon... Cerdas ya... 

Tapi kalau Ikan Giru dipisahkan dari Anemon, kekebalan ini akan hilang... dan dibutuhkan adaptasi lagi dalam waktu tertentu, antara Ikan Giru dan Anemon untuk menciptakan kekebalan tubuh bagi si Ikan Giru.

Ohiya, informasi tambahan. Ikan Giru itu POLIANDRI lho! dan diketahui dapat berganti kelamin menjadi betina. Dan mereka memiliki kehidupan sosial yang teratur, seperti aturan : "Dalam satu anemon, hanya terdapat satu betina dewasa yang dominan, ditemani beberapa ikan Giru jantan kecil plus ikan Giru remaja yang juga jantan. Kalau si betina mati, Ikan Giru jantan yang paling dewasa, berubah kelamin jadi betina dalam waktu dua minggu atau lebih (*Jadi gak perlu nyari betina jauh - jauh deh!). Nah, trus dia berpasangan ama Ikan Giru jantan tertua di Anemon tersebut. Nikah. Punya telur sebanyak 300 ampe 700 butir. Telur - telur ini dijaga oleh Ikan Giru Jantan. Telur biasanya menetas setelah 6-7 hari.

subhanallah... hehehehe...
Share:

5 komentar:

*tapi boong said...

woww..
coba deh itu ikannya dipakein hijab...

Mershelly Syanel said...

:b:
apa dehhh.... ahh... dihijabin juga tetep poliandri! :g:

*sekarang gak boong said...

tapi kan jadi mirip kamu.. =D

Mershelly Syanel said...

:l:
aaahhh... massssaaaa...........???? ahahahaha...

bayau said...

Simbiosis mutualisme yang menakjjubkan.

Eh tapi bisa transgender gitu ikannya ya ?
Untung dia ikan, kalo manusia udah dapat gelar maho ikannya (ralat: iho)
:D