25.5.10

Pasar Oligopoli

Bismillahirrahmanirrahim.... 

Hari ini saya senang banget! Setelah semalaman mata bengkak (*karena sesuatu) dan setelah saya berdoa (*Untuk ketenangan hati saya), hari ini saya bangun dengan bahagia. 

Hari ini, tanpa direncanakan, saya disuruh pak coky (*Dosen Mikro) buat maju ke depan kelas jelasin tentang oligopoli. Lha saya kan bingung, wong tugas mikronya aja blom selesai. Tapi, beliau memang hapal nama saya sih. Jadilah saya, dengan sisa - sisa luka patah hati semalam, maju ke depan kelas, buat jelasin itu pasar oligopoli. Gak masah sih, saya emang seneng presentasi *kan saya pingin jadi dosen. Yang jadi masalah, ini pasar oligopoli. Kalau disuruh pasar persaingan sempurna ama monopoli, itu bakal lebih mudah buat saya.

Ah... syukurlah saya tidak menyontek semalam... Saya ngerti dikit sih... ya... saya PeDe aja sok tau tentang itu pasar *dari sumber - sumber yang sempat saya baca samapai pagi. Alhasil, semua jenis pertanyaan berhasil saya tangkis walau saya yakin mereka gak ngerti. Karena saya emang gak pinter ngejelasin. Temen saya yang cowok sih bilang, "Orang pada gak konsen shell, soalnya pas lw presentasi muka lw itu jadi gimanaaaaa gitu!" ahahaha... gimana apanya!

eh... pas saya lagi asik2nya jelasin ada yang nyeletuk begini "Cieee... Asik banget dah gaya si shelly jelasin". Ya... saya kan manusia! otomatis konsen saya buyar dong! ahahahahaha! Syukurlah buyarnya gak lama - lama, cuma tersipu sebentar, trus saya lanjut ngoceh...

Nah, sedikit tentang pasar oligopoli ya... (saya blom sempat gambar kurvanya, Insya Allah lain waktu deh!):
Karakteristik Pasar Oligopoli:
  1. Pasar oligopoli ini terdiri dari beberapa perusahaan
  2. Peluang untuk masuk pasar cenderung sulit karena butuh modal yang cukup besar
  3. Perusahaan memiliki kuasa untuk merubah harga TAPI... mereka tentu saja gak bisa seenaknya aja, apalagi kalau bukan Market Leader* atau Price Leader*
  4. Harga tergantung dengan strategi perusahaan pesaing,
*Market Leader adalah Perusahaan yang udah memiliki reputasi besar
*Price Leader adalah Market Leader yang bisa menentukan harga karena brand mereka lebih kuat dibanding perusahaan lain

Contohnya adalah perusahaan mobil seperti Toyota dan Honda. Menurut teman - teman, siapa yang lebih kuat Brand-nya? Nah, bisa jadi dialah yang menjadi Price Leader. Sebenarnya perusahaan - perusahaan ini saling memata- matai strategi lawan. Lawan pake cara apa? Kalau lawan naikin harga, kita ikut naikin, atau malah nurunin? atau malah bakal tetap?

Semua bisa diperhitungkan dan dibuat grafiknya! lain kali akan saya buatkan lebih detail *Insya Allah...
Baiklah... semoga yang sedikit ini memberi manfaat besar !! =D


Share:

0 komentar: